Kamis, 18 Juli 2019

Pengujian LWD (Light Weight Deflectometer)

Light Weight Deflectometer (LWD) juga dikenal sebagai Light Falling Weight Deflectometer merupakan sebuah alat portable yang terdiri dari beban jatuhan, pelat pembebanan, dan prosesor untuk menangkap lendutan permukaan yang terjadi akibat beban jatuhan tersebut.

Perlatan ini mulai dikembangkan di Jerman dan pada awalnya digunakan untuk mengukur lendutan serta kekuatan dari lapisan granular.

Saat ini mulai dikembangkan untuk penggunaan pada lapisan beraspal.

 PEDOMAN METODA UJI LENDUTAN MENGGUNAKAN LIGHT WEIGHT DEFLECTOMETER (LWD

          


KOMPONEN LWD

• Plat pembebanan.
• Karet buffer.
• Beban jatuhan.
• Tongkat pembebanan.
• Pengait beban
• Data akuisisi dan processor.
• Load cell.
• Geophone.




PROSEDUR PENGUJIAN LWD
  1. Letakkan LWD pada posisi di ruas jalan yang akan diuji.
  2. Catat Km/Station dan Koordinat GPS.
  3. Catat temperature perkerasan.
  4. Untuk lapisan granular direkomendasikan menggunakan lapisan tipis pasir pada titik pengujian. Hal ini untuk mendapatkan permukaan kontak yang seragam antara pelat pembebanan dan permukaan lapisan.
  5. Periksa sekali lagi posisi pelat pembebanan dan jarak sensor geophone.
  6. Direkomendasikan untuk melakukan sekali atau dua kali pemukulan beban sebelum pengujian dilakukan. Hal ini bertujuan agar titik pengujian lebih stabil.
  7. Angkat beban pada level tertentu.
  8. Jatuhkan beban.
  9. Lakukan pengujian pada titik tersebut minimum 2 kali. Apabila perbedaan hasil pengujian 1 dan 2 lebih besar dari 3%, catat perbedaan ini dalam laporan. Pengujian ketiga dibutuhkan apabila hal ini terjadi.
  10. Save hasil dengan memasukkan parameter yang diminta. 
contoh file LWD


HASIL PENGUJIAN LWD

Untuk setiap pengujian LWD, hasil yang diberikan adalah nilai lendutan dalam satuan mikrometer ataupun dalam satuan milimeter, dan juga besaran beban yang diaplikasikan.


PENGGUNAAN DATA

Didalam Metoda Desain Perkerasan (MDP 2017), data lendutan FWD/LWD dijadikan sebagai dasar untuk penentuan penanganan overlay dan rekonstruksi. Parameter = Lendutan di pusat beban (D0) & Fungsi Lengkungan (curvature fuction).


Demikian langkah-langkah pelaksanaan LWD. Salam Tekhnik !!!

Tidak ada komentar:

DIVISI 3. PEKERJAAN TANAH DAN GEOSINTETIK

SPESIFIKASI UMUM 2018 DIVISI 3. PEKERJAAN TANAH DAN GEOSINTETIK Divisi ini menjelaskan pekerjaan galian, timbunan dan geotextile. D...